Rabu, 30 Desember 2015

Mentawa Buah Asli Kalimantan

Mentawa buah asli hasil hutan Kalimantan terutama di Kalimantan Barat. Buah ini banyak didapatkan Kabupaten Landak. Buah mentawa dari luar mirip seperti buah nangka bulat atau buah sukun.

Isinya hampir sama dengan nangka yang sudah matang, tapi warnanya lebih orange atau orange tua. Buahnya juga lebih bulat dan kecil-kecil. Tapi rasanya manis banget. Seperti cempedak lembut dan manis.
 Masyarakat di Landak lebih senang memakan buah mentawa ketika mentawanya masih mengkal atau belum terlalu masak. Katanya enak kerences-kerences. Tapi rasanya tawar, tidak semanis jika dimakan setelah matang.

Masyarakat di Landak tidak suka dengan mentawa yang sudah matang, mumgkin karena rasanya yang terlalu manis. Khasiat buah ini karena manis, bisa sebagai menambah energi.


Jika teman-teman sedang berada di Kalimantan Barat atau Kalimnatan Timur pada bulan November atau akhir tahun, bersegeralah hunting buah mentawa ini. Biasanya pada bulan November - Maret adalah merupakan bulan buah karena buah-buahan disini sedang banyak-banyaknya.

Selamat menikmati buah asli Nuswantara.
Makin cinta dengan buah-buahan lokal Indonesia
Makin cinta dengan Nuswantara.

Rahayu
ad







Tidak ada komentar:

Posting Komentar