Sabtu, 19 Desember 2015

Buah Pengan Buah Asli Kalimantan

Buah Pengan, agak asing di telinga saya ketika kali mendengar nama buah tersebut. Pengan, buah asli Kalimantan ini dari luar mirip dengan sukun atau kluweh, kulitnya berduri dan bulat. Buah ini merupakan hasil hutan di Kalimantan, terutama di Kalimantan Barat.
Namun isinya atau buahnya mirip cempedak namun warna lebih putih dan rasanya hmmmmm manis sekali dan lembut. Rasanya memang sangat khas, tidak mirip cempedak. Agak sulit untuk melukiskan rasa buah ini dalam kata-kata. Jadi jika ingin tahu bagaimana rasa buah Pengan ini datanglah ke Kalimantan, terutama ke Landak, Kalimantan Barat.


 Saya makan buah pengan ini ketika mengunjungi kota Ngabang, Landak - Kalimantan Barat. Awalnya hunting durian lokal, malah dapat buah langka ini,.....hmmmm beruntung sekali saya. Saya mencoba mencari refensi tentang buah pengan ini, namun agak sulit mendapatnya walau sudah tanya mbah google masih belum dapatkan info apapun. Jadi menulis hanya dengan info sedikit dari kawan di Ngabang. Di Kalimantan Timur buah ini namanya buah Tarap.


Untuk berburu buah ini, datanglah ke Kalimantan pada bulan November sampai bulan Maret. Karena bulan-bulan tersebut di Kalimantan merupakan bulan buah. Buah pengan ini berkhasiat menambah energi. Setelah makan buah ini serasa energi kita bertambah karena rasanya yang sangat manis. Apalagi sebelum makan pengan ini, saya belum tidur semalaman karena harus menyelesaikan laporan kegiatan. Akhirnya nambah tidak tidur sehari lagi masih kuat. Makin betah dech di Ngabang nie.

Ternyata Nuswantara ini kaya luar biasa, dari sumber daya alam, buah, makanan dan lainnya..... Makin cinta Nuswantara. Dan hasil bumi Indonesia.
Yuks hunting......

ad


2 komentar:

  1. Buah ini kalau diolah menjadi olahan pangan, kira-kira cocoknya apa ya?

    BalasHapus